Review Kenalog In Orabase

            Review ini berdasarkan pengalaman pribadi. Bukan bermaksud mempromosikan atau menyinggung produk tertentu. Ulasan mengenai tema berdasarkan studi literatur. Saya bukan ahli farmasi yang paham segala bentuk farmakodinamika. Jika terdapat kekeliuran mohon koreksi dan perbaikannya.
Kenalog In Orabase (www.mims.com)

            Oke! Kali ini saya review-in tentang obat topikal yang cukup ampuh untuk permasalahan yang berhubungan dengan mukosa mulut. Jika kamu pernah sariawan (Stomatis aftosa rekuren/SAR), terkena dermatitis daerah mulut, bibir kering dan pecah-pecah baik karena panas dalam atau bukan serta peradangan daerah mulut, kamu bisa cobain obat salep yang satu ini yaitu Kenalog in Orabase. Kata “Orabase” memang sudah tentu untuk mulut, ya.
            Kabarnya salep ini lebih ampuh dibandingkan dengan albothyl atau obat sariawan lainnya. Dan In Sya Allah berdasarkan pengalaman pribadi memang benar adanya. Waktu itu saya pernah mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Bibir atas dan bawah hingga bagian atas bibir mengelupas. Kadang gatal saat terkena sinar matahari dan sungguh mengganggu sekali. Entahlah saya tidak memeriksakan ke dokter umum atau spesialis kulit, entah itu karena alergi kosmetik, sabun atau defisiansi nutrisi. Selama 3 bulan saya mengalami hal ini dan sudah mengolesi bibir dengan bahan alami seperti madu dan minyak zaitun murni, namun hasilnya nihil. Sampai saatlah saya googling lalu ketemulah produk ini. Penting untuk dibaca Sekilas tentang panduan dalam kemasan obat Kenalog in Orabase, disini ya. http://andawiyachemista.blogspot.co.id/2017/07/kenalog-in-orabase.html
            Teksturnya bening namun agak kasar. Cara mengoleskannya tipis-tipis saja dan ditempel ke permukaan kulit lesi (yang terkena luka). Jika dioleskan secara bergesekan dengan kulit maka akan terbentuk seperti gumpalan. Waktu pakai pada malam hari, dalam kondisi mulut sudah selesai makan atau ya pokoknya setelah pakai salep ini kita diusahakan gak makan atau minum lagi. Kenapa malam? Biar proses regenerasi sel penyembuhan cepat apalagi saat kita tidur. Tahukah kamu, saat kita istirahat di malam hari sel-sel kulit kita tengah beregenerasi. Setelah dua hari pemakaian, saya kaget. Bibir saya yang kering dan mengelupas lambat laun berkurang. Tapi sebelum beraktivitas, saya masih tetap pakai lipbalm untuk melembabkan bibir karena takut kenapa-kenapa lagi. Haha … mencegah lebih baik dari pada mengobati, bukan?
            Nah, bagaimana … sudah baca tentang Kenalog in Orabase, kan? Dikatakan bahwa obat ini adalah kortikosteroid sintetis dengan kandungan senyawa triamcinolone acetonide. Kortikosteroid merupakan hormon steroid yang dihasilkan oleh korteks adrenal yang pembuatan sintetik analognya telah berkembang dengan pesat. Bahan kortikosteroid ini pertama kali dibuat di Amerika, kurang lebih 50 tahun yang lalu berupa hidrokortison (Giannotti B, 1995). Senyawa steroid ini memang berguna sekali untuk antiinflamasi dan jenis peradangan lainnya. Jenis steroid sendiri memang sudah digunakan oleh para kedokteran baik di bidang kosmetika atau farmasi. Berdasarkan derajat potensi kortikosteroidnya, triamcinolone acetonide termasuk golongan ke empat, dengan nama dagang Kenalog konsentrasi 0,1% berbentuk salep (Johnson BA, 2000). Ini sesuai dengan apa yang tertera dalam produk Kenalog in Orabase. Berikut struktur kimia triamcinolone acetonide.    
Struktur Kimia Triamcinolone acetonide
      
Efek utama penggunaan kortikosteroid topikal pada epidermis dan dermis ialah efek vasokonstriksi (dapat menghilangkan eritema atau kemerahan pada kulit), efek antiinflamasi (menyembuhkan peradangan) dan efek antimitosis (menghambat sintesis DNA berbagai jenis sel sehingga efektif untuk pengobatan psoriasis atau kulit kering dan bersisik) (Akdis CA, 1997).
            Tapi tahukah kamu, bahwa kortikosteroid ini mempunyai efek samping yang BERBAHAYA bagi sistem tubuh manusia jika digunakan secara terus menerus. Sebenarnya saya khawatir pakai produk ini setelah tahu merupakan kortikosteroid dan berdo’a agar tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang. Makanya pemakaian kortikosteroid ini tidak dianjurkan tanpa indikasi dokter.
            Diantara efek samping yang terberat (walaupun jarang terjadi) yaitu penekanan aksis adrenal – hipotalamus akibat absorbs sistemik, glaukoma, purpura, dan perubahan warna kulit (Ari, 2004).
Namun pada Kenalog in Orabase ini memang sudah dijelaskan bahwa jika dalam waktu 7 hari regenerasi belum membaik maka perlu dievaluasi pengobatan dokter secara lebih lanjut. Dan di kemasannya memang sudah tercantum huruf K dalam lingkaran warna merah yang menandakan kalau obat ini adalah obat keras. Kamu bisa beli obat ini di apotek dengan harga 60.000-an (netto 5gr) dan jangan lupa meminta sedikit ulasan kepada apotekernya, ya. Ini obat keras, saya gak mau kamu kenapa-kenapa. J
Harga memang sedikit mahal dengan isi 5 gr. Tapi In Sya Allah sesuai dengan potensinya dalam menyembuhkan.
Up Date Hasil Pemakaian. Saya kira salep ini manjur untuk selama-lamanya. Eh, beberapa hari yang lalu bibir kering lagi. Sepertinya memang ada beberapa penyebab dari sistem tubuh. Namun setelah pakai salep ini Alhamdulillah sembuh kembali. Setelah sebulan penuh, Alhamdulillah bibir saya sudah kembali sehat seperti semula dengan sekali pemakaian.


Komentar

  1. Siang, apakah boleh di gunakan di kulit sekitar area bibir yang mengering(bersisik)?

    BalasHapus
  2. Untuk lidah pecah pecah boleh gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sepertinya boleh. Sariawan gitu juga boleh. Cuma nanti agak susah cara ngobatinnya kayaknya ya. Dicoba dlu :)

      Hapus
  3. Sama bgt keluhannya sama saya ,saya juga dapet salep itu dari dokter .. Nah pas saya pakai salep ini pada ngelupas gitu ,kamu gitu tidak? Ntah ini bibir gara" apa bisa kering gatal dan ngelupas .. Ohiya kamu pake salep ini sampe habis apa tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak pada ngelupas. Aku cuma pake ini gak nyampek seminggu . Jadi belum habis.

      Hapus
  4. Aman bila digunakan untuk anak usia 5 tahun??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku lupa kak bisa apa nggak, mungkin bisa dilihat di kertas panduannya ya. :)

      Hapus
  5. Kalo dipakai di gusi bisa gk.? Kalo ketelen aman gk.?

    BalasHapus
  6. Bisa di gunakan di bagian dalam mulut?klo tertelan ada efek sampingnya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku belum tau efek sampingnya apa kalau ketelan

      Hapus
    2. Kucing saya gusinya meradang, oleh dokter hewan (drh) disuruh beli kenaloq diapotik. Kenaloq obat utk manusia ternyata bisa jg utk hewan. Dioles tipis di gusi, aman jika termakan. 2 hr udah ada perubahan

      Hapus

Posting Komentar