We Do It Again



Udah 20 menit gue di sini. Di depan toko baju milik Lea Andinia. Duduk di mobil sambil ngelamunin hal yang sama dengan sejak dua minggu yang lalu. 
Karena sebulan yang lalu, sejak gue bertemu dan lebih mengenalnya lebih dekat, gue mulai mendekatinya dengan gamblang. Gue bilang, gue suka sama dia makanya gue deketin. Iya, gue terang-terangan. Dan dia responnya oke oke aja. Dia mau gue ajak jalan bareng, dia asyik aja gue ajak makan bareng, dia bahagia gue ajak ke puncak, dia ketawa waktu gue bercanda receh, gue berusaha bikin dia nyaman sama gue, semisal curhat tentang bagian hidup dia yang mungkin dia gak bisa cerita ke orang lain. Dan gue berhasil waktu itu. Dan dia bener-bener so happy with me. I think.
Sampe akhirnya, di minggu ketiga, ketika kita janjian untuk jalan bareng yang ke sekian kalinya, dia sulit untuk gue hubungin. Telfon gue gak diangkat, chat gue gak dibales. Dan ketika gue berada di depan kos-nya, liat dia dengan baju tidurnya, lalu bilang, "Sorry, Dan. But Leo and me have been dating, now". Dia balik lagi ke dalam kosnya, sementara gue berdiri mematung dengan oksigen yang udah mulai gue gak bisa hirup dalam beberapa menit sekian. Seketika tubuh gue lemes, kaki gue ngilu, dada gue sesak.
How can it be, Lea? We ever kissed each other for that night. You allowed me to do it. 
Gue emang sengaja gak nembak dia langsung waktu itu. Bukan gue menunda waktu tapi gue pengen kita saling mengenal lebih deket lagi. Kita sama-sama tau kelebihan dan kekurangan masing-masing, so she will know me well then feel calm just with me. Gue telat? Nggak. Gue cuma keduluan.

Oh, gue lupa. Gue lupa kalau sebelum kejadian itu, ketika kita makan bareng, ada mantan gue yang marah-marah ke gue sambil numpahin air ke muka gue. Dia bilang gue cowok brengsek lah, playboy lah, tukang mainin cewek lah. Dan all those are right things. Gue emang bener gitu adanya. Tapi itu dulu. Beberapa waktu sebelum gue ketemu Lea.
Dan Lea gak marahin gue waktu itu. Dia tiba-tiba gak ikutan benci gue karena mantan gue yang bilang gue cowok brengsek. Dia malah ngasih gue handuk buat ngeringin baju gue yang basah biar gak masuk angin dan nyaranin gue buat istirahat biar gak sakit. She smiled at me when I felt so bad because she heard that. 
Ya... Mungkin dia emang udah saatnya benci gue kali ini? Dia udah tau, bahwa Ardan Candeza Yafi itu cuma cowok brengsek yang biasa deketin cewek-cewek, pacaran, putusin, ganti lagi dan seterusnya.
Di saat gue yang biasanya bikin baper cewek, baru sekarang gue yang baper karena cewek. Gue gak pernah se-obvisious ini sebelumnya. Gue gak pernah ngerasa ngajar-ngejar cewek di saat cewek-cewek yang ngejar gue.
Dia gak ngoda gue tuh, dia gak pernah ngerayu gue atau sok kecentilan, beda sama cewek yang selama ini gue kenal. Mereka gue senyumin aja, dikira gue suka sama mereka. Tapi gak bagi Lea. Dia apa adanya. Dan gue suka itu. Mungkin gue juga sayang sama dia. 
Karena kalau gue gak sayang, gak mungkin gue selama semingguan ini bolak-balik ke toko baju dia tiap hari cuma buat pura-pura liat baju atau hoodie. Kemarin gue sengaja beli hoodie yang kekecilan, biar hari ini gue bisa ke sini lagi, biar bisa liat dia lagi meskipun hari ini gue lagi-lagi gak berhasil. Gue cuma liat dia sehari yang lalu, lagi ngomong sama karyawannya lalu sibuk dengan design-nya lagi dan kembali ke ruangannya di lantai atas. Iya, dia emang jarang ke lantai bawah. Dimana gue cuma bisa mastiin bisa liat dia dari situ, dengan pura-pura liat –liat baju. 
Lea, kenapa gue sekangen ini sama lo. 
Tok, tok, tok! 
Pintu mobil gue tiba-tiba ada yang ngetok. Dan lo tau siapa? 
Tok, tok, tok! 
Makhluk itu ngetok kaca pintu mobil gue lagi. 
Lea? 
Gue ngerjapin mata gue beberapa kali. Seakan-akan gak percaya pada sosok yang sedang berdiri di luar pintu mobil gue sekarang. Gue noleh ke belakang, kali aja dia salah mobil? 
"Buka pintunya" gue denger cewek itu teriak buat dibukain pintu. Yang entah kenapa gue reflek juga bukain pintu mobil sebelah gue itu. 
Dan secepat itu juga, cewek yang selama dua minggu gue kangenin, yang gak pernah respon telfon atau chat gue lagi, tiba-tiba sekarang udah duduk di samping jok mobil gue. Gue pikir ini halusinasi, makanya gue sekarang cuma merhatiin dia setajam mata yang gue punya. 
"Ayuk, jalan"
Gue masih fokus sama sosoknya. Matanya yang sayu meskipun dia biasa terlihat happy, lipstiknya yang udah mulai memudar, bedaknya yang udah mulai gak setebal pas dia baru dandan, rambutnya yang dia biasa gerai kini dia ikat dengan asal. But, she is still beautiful. Lea, ini beneran lo?
"Ardan"
Seketika gue berhasil lepas dari lamunan gue. Dan dia beneran... Lea? 
"H-hah? "
" Iiiih, kok ngelamun"
"L-lea? "
" Iya, ini Lea"
"Lea ng-ngapain ke sini? "
"Ardan tuh yang ngapain ke sini. Lo udah lama, kan di sini? Kok, belum pulang? "
Apa? Dia tau gue di sini? Dari tadi? 
" Eh?... Gak lama kok. Ini … ganti hoodie aja. Hehe" jawab gue sambil nunjukin hoodie hitam gue yang baru gue fitting barusan.
"Lo ke sini tiap hari, kan? Biar bisa liat gue, ya? "
Apa? Dia tau gue ke sini cuma buat nyari kesempatan bisa liat dia? Tuhan, jangan sampai deh dia tahu.
" Ng-ggak. Gue emang liat-liat baju aja. Liat kaos, hoodie, jeans. Gitu-gitu" gue ngalihin wajah gue ke sekililing, nyembunyiin wajah panik gue dari dia.
"Iiih, bohong ya? "
" Nggak... Beneran, kok"
"Ardan kangen, kan sama Lea? "
Tuh, kan. Gue katauan lagi. Gue diem. Narik nafas sejenak, netralin detak jantung gue yang udah mulai gak karuan. Apaan sih Lea.
" Kangen, kan? " tanya dia lagi.
" Tadi Lea ngajak jalan, kan? Jalan kemana? Ayuk, gue anter" kata gue ngalihin pembicaraan.
"Ih, kok pertanyaan Lea gak dijawab? "
Gue narik nafas lagi. Lebih dalam. Trus mulai ngelajuin mobil gue ngejauhin toko baju dia. Gue gak tau tujuannya kemana, yang penting gue jalan dulu. 
" Ardan, kangen kan sama Lea? "
Tanya dia lagi. Kali ini suaranya lebih lembut, terdengar memelas, memohon buat gue bisa jawab. Dia masih ngeliatin gue yang lagi pura-pura fokus nyetir. Lea, please jangan bikin gue salting gini dong. 
" Ardan... "
" Iya, Ardan kangen sama Lea. Kangen banget. Pengen jalan bareng, makan bareng, ke puncak bareng, meluk Lea, cium Lea" jawab gue tanpa liat dia dan masih fokus ke depan jalan. Tapi dari sudut mata kiri gue, gue bisa liat Lea tiba-tiba tersenyum. Sumpah, gue gak ngerti maksudnya dia ini apa. Selama dua minggu ngecengin gue dan udah jadian sama si Leo itu, dan sekarang masuk ke mobil gue trus ngajak jalan. Lea, jangan bikin gue mikir yang macem-macem deh ya. 
"Yaudah, malam ini ke puncak, yah"
Dengerin dia ngomong gitu, gak tau kenapa ada rasa seneng juga dia tiba-tiba ngajak gue jalan begini. Berdua. Tapi mending lo gak usah ngajak jalan berdua gini deh Lea, kalo ujungnya lo cuma balikin punggung lo lagi buat si Leo itu, bukan buat gue. 
Tapi untuk malam ini. Oke, Lea. Gue anterin kemana lo mau. Atau mungkin ini emang pembalasan gue setelah mondar-mandir di toko baju lo doang ya. Atau mungkin setelah ini lo bakal bilang kalo gue gak seharusnya buntutin lo gini lagi, terus minta gue jauhin lo lagi.
Di perjalanan kita gak ngomong apa-apa. Gue sibuk dengan pikiran gue sendiri. Kenapa Lea ngajak gue jalan, dia gak bakal dimarahin apa sama yang namanya Leo itu, ngapain juga dia nanya gue kangen dia atau nggak, trus senyum-senyum lagi. Duh, Lea, jangan tambah bikin gue kangen lo lebih dari ini. 
Cukup tiga hari gue galauin lo dengan cuma tiduran doang di kamar Dion, sampe gue dibilang udah kayak zombie karena bisanya cuma merem melek tanpa ngomong apa-apa. Dion sampe pusing yang liat gue sebegitu frustasinya pas gue cerita soal lo yang udah punya pacar. Tapi emang, rasa kangen gue ke lo gak bisa gue bendung, Lea. Makanya gue putusin buat ke toko baju lo. Syukur-syukur gue bisa ketemu lo tiap hari, tapi ternyata nggak Lea. 
Dan ketika udah sampai di puncak, gue cuma ngikutin dia dari belakang. Dia jalan ke arah kursi panjang yang ada di sekitar puncak ini. Sepi. Hanya beberapa orang yang terlihat di kejauhan. 
"Sini" ujar Lea waktu dia udah duduk di kursi itu. 
Gue duduk di sebelahnya. Gak terlalu deket. Sekitar dua jengkal tangan gue buat jarak sama dia. Gue gak mau terlihat sebetapa kangennya gue selama ini. Di saat dia udah punya pacar. Dia gak mungkin tertarik buat gue deketin lagi. Sadar, Ardan. 
"Dingin" ujarnya.
"Makanya pake jaket. Udah tau malam, mau ke puncak lagi" jawab gue datar. Gue cuma mandangin rumput depan gue, belum berani liat wajah dia lebih intens. Katanya tadi kangen, harusnya lo baikin dia dong, Dan. Gimana sih.
"Nungguin hoodienya Ardan"
"..."
"Kan biasanya Ardan yang ngasih jaketnya ke Lea"
Tuh, kan Lea. Ini lo lagi gak ngegoda gue, kan. Gue beneran bingung deh sama sikap lo yang tiba-tiba gini.
"Lea... “
“Hm?”
“Jujur, Lea ngapain tiba-tiba ngajak gue ke sini? "
" Emang kenapa? Gak boleh ya? "
" Nggak, bukan gitu. Lea udah punya cowok sekarang. Gak baik jalan sama cowok lain. Apalagi bareng gue. Nanti Leo marah"
Setelah gue ngomong itu, dia ketawa. Sekali lagi, dia ketawa.
Gue ngerutin kening gue, bingung. 
 
"Kok ketawa? " tanya gue lagi.
" Ardan kok mukanya serius sih. Gak kayak biasanya. Biasanya kan ngelawak, ketawa-ketawa, nggak datar gini deh mukanya" jawab dia, sambil miringin wajahnya pas liatin gue.
"Jadi Lea ngajak Ardan ke sini, cuma buat Ardan ngelawak? " tanya gue datar lagi. Sumpah ya ini Lea. Aduh, kan jadi gemes. Greget tau gak.
Tiba-tiba dia ngangguk." Iya. Mau liat Ardan ngelawak lagi"
Gue liatin dia sebentar, trus balik lagi liatin sekitar. Gue ketawa getir. Gak. Gak bisa, Lea. Gue gak bisa kalo harus maksain gue ketawa sekarang. Bukan waktunya gue sekarang ketawa. Bukan saatnya gue harus buat lo ketawa di saat lo udah punya orang lain. Karena itu, cuma bikin gue sadar, kalo habis ini ketika lo pergi, gue ternyata bukan siapa-siapa lo. Gue bukan buat lo, Lea. 
"Ardan, dengerin gue baik-baik."
Tiba-tiba dia memulai pembicaraan yang serius.
"Ada cerita panjang soal gue dan Leo. Dimana gue dan Leo itu sahabatan udah mulai dari kecil. Leo juga satu-satunya orang yang udah gue anggap keluarga sendiri. Gue bagian dari dia, dan  dia bagian dari gue. Dulu gue pernah suka sama Leo. Gue juga pernah frustasi saat dia udah punya cewek. Di situ gue ngerasa, kalo perhatian Leo jauh lebih berkurang ke gue dibandingkan waktu sebelumnya. Bisa ngerasain kita suka sama sahabat sendiri, dan dia udah punya pacar dan ada waktu di saat kebersamaan yang harusnya kita lewati jadi berkurang, kan? Tapi gue sekarang nganggep dia keluarga gue, sampe perasaan itu benar-benar memudar. Dia keluarga gue yang amat gue sayang, karena sebegitu sayangnya dia ke gue mulai waktu kecil. Sayang sebagai sahabat maksudnya. Dan ketika seminggu yang lalu, waktu dia tau kalo gue suka sama lo, dia jadi lebih murung. Oke, dia sebelumnya emang udah murung karena putus sama ceweknya. Tapi ternyata, gue gak tau maksudnya apa, dia tiba-tiba bilang kalo dia takut gue bakal ngejauh saat gue harus sama lo. Dengan matanya yang bingung, dia bilang kalo dia suka sama gue, dan bakal pergi kalo gue harus bareng sama lo. Otomatis, gue milih dia, dia keluarga gue yang gue sayang setelah orang tua gue meninggal. Gue gak bisa jauh dari dia, dan gak mau dia ninggalin gue. Tapi ternyata, dengan kita yang terpaksa sok menjalani hubungan pacaran itu, cuma bikin hati kita berdua sakit, Dan. Makanya, gue minta maaf sama lo. Maaaaf banget. "
Ada rasa kaget dan panas menjalar di tubuh gue seketika itu. Jadi Leo maksain dirinya dan Lea buat jadian? What the...
" Trus sekarang kalian gimana ? " tanya gue. Gue menatap matanya mengintimidasi.
" Ya... Sahabat aja. Gak lebih. Udah gak jadian lagi"
Mungkin ini yang buat Lea jadi tiba-tiba berani nyamperin gue lagi. Apa ini tandanya dia ngasih kesempatan ke gue lagi? tadi dia bilang … dia suka sama gue kan? Gue gak salah denger kan? Ardan, come on, men!.

Di saat gue sibuk dengan pikiran gue sendiri, tiba-tiba dia ngedeketin posisi duduknya di samping gue. Bikin gue tersentak kaget karena kita berada di jarak yang sedekat ini. Gue bisa cium wangi parfum khasnya dengan lebih detail lagi, gue bisa liat matanya yang sayu sedang menatap gue dengan intens lagi. Dan tiba-tiba tubuh gue terasa kaku, mata gue gak bisa gue alihin ke arah pandang lainnya, gue gak bisa lepas dari matanya yang kini bener-bener lagi menatap gue dengan fokusnya.
Dan tiba-tiba sebagian jari-jarinya meraba wajah gue lembut. Dahi gue, alis gue, mata gue, pipi gue, hidung gue, dan terakhir bibir gue. 
Dan di saat itu, gue ngerasain sensasi dan denyut jantung gue yang berdetak lebih cepat dari biasanya. Serasa ada kupu-kupu yang bertebaran di perut gue, bikin gue merinding dan kaku.
"Rambutnya berantakan" dia benerin tatanan rambut gue. 
"Kantung matanya keliatan. Pasti jarang tidur" Iya, Lea. Gue jarang tidur selama tiga malam. Mau mejemin mata tapi berakhir dengan ngelamunin lo. You made me so bad.
"Bibirnya kering" ujar dia sambil ngusap bibir bawah gue dengan ujung ibu jarinya.
Lea, lo udah bikin gue deg-deg-kan separah ini.
"Iiiih, mukanya merah. Haaahaaaaa. Ardan blushing" tiba-tiba dia nangkup kedua pipi gue dengan ke dua tangannya. Gerakin kepala gue ke kiri dan ke kanan, persis lagi main sama anak kecil.
Iya, gue blushing. Lo berhasil bikin pipi gue memanas Lea.
"Ardan juga bisa blushing, ya. Iiiih, kan jadi gemessss" lanjut dia lagi tanpa berhenti nangkup dan mainin pipi gue lagi.
Gue ngeraih kedua tangannya dari ujung pipi gue. Gue coba nangkup pipi dia balik. Natap dia tanpa cela. Fokusin diri buat yakin bahwa dia bener-bener Lea yang gue kangenin selama ini. Dia Lea yang udah bikin seorang Ardan tiba-tiba jadi gak sebrengsek Ardan yang dulu. Dia Lea yang udah bikin seorang Ardan yang gak bisa tidur berhari-hari. Dia Lea yang udah bikin seorang Ardan kayak orang bodoh karena bolak-balik ke toko bajunya cuma nyari kesempatan bisa liat dari jauh. Dia Lea yang udah bikin detak jantung seorang Ardan jadi bervibrasi sedemikian cepatnya.
"Lea sayang sama Ardan? "
Tiba-tiba dia ngelebarin matanya, kaget.
" Jawab... Sayang gak sama Ardan? "
" Menurut Ardan?"
"Jawab "
Gue deketin wajah gue ke dia lagi. Mungkin ini udah berjarak 5 cm?
Dia ngangguk. Pipinya merah juga. Duh, pengen cubit pipinya kan.
“Jawab, jangan cuma ngangguk”
“Iya, sayang sama Ardan”
" Liat deh, mukanya merah"
Matanya mengerjap-erjap sambil liat ke sekitar dan dia berusaha bikin wajahnya lepas dari genggaman tangan gue, tapi gue tahan. 
"Kalo jago ngefiltring, harus berani juga dong difiltring. Masa gini aja udah merah mukanya" kata gue ngegoda.
Aduh, liat. Dia cuma liat gue kayak anak kecil yang gak bisa lawan apa-apa. Ngegemesin tauk.
"Iiihh, apaan si Ardan. Gak lucu yaaaa. Aduuuh, lepas. Gak"
"Gak"
"Lepas "
" Lepas atau gue cium"
"... "
Tuh, kan dia gak bisa jawab.
" Ardan, lepasin gak"
"Berarti cium nih"
"... "
" Atau gak gue lepasin tapi mau gue cium juga? " goda gue lagi. Gue deketin wajah gue dua cm lagi. Dan dia lebih kaget dari sebelumnya. Matanya makin membulat.
" Ardan, m-mau ng-ngapain? "tanyanya.
Gue cuma senyum, gak jawab.
" B-banyak orang, g-gak enak diliatin" lanjutnya.
"Mana? Gak ada tuh" jawab gue.
“Ardan mau ngapain?”
“Menurut Lea?”
"Ardan bisa lepasin tangannya gak? Pipi Lea rasanya aneh"
"Hah? Aneh? " gue ngakak. Gue gak bakal lepas deh kalo jadinya gini ." Gimana gimana anehnya? Kayak apa? "
" Aneh aja... Lepasin Ardan... " bujuk dia lagi. Kali ini matanya nunduk. Ih, kenapa sih ni cewek.
" Jawab dulu, anehnya dimana "
" Ardan lepasin gak. Banyak orang yang liatin tau gak sih. Nanti dikira lagi ngapain lagi, kan gak enak. Lepasin gak, lep--"
Cup…

Saat gue ngecup bibirnya sedetik, matanya mengerjap tanpa noleh ke gue sekalipun. Lea, kalo lo bikin gemes gini, gue gak bakal berhenti ngegoda lo ya. Tiba-tiba kepalanya ngeronta-ngeronta biar bisa lepas dari tangkupan kedua tangan gue lagi. But sorry Lea. I can not take your cheeks down now. Because I need do it again.

And we do it again. And she crumpled up my shirt for several seconds.

Komentar